j5XpcW8LPSTMXB3E43AmnBvL2r59s0Bn3s1rqebM

Belajar Unity Indonesia #2 Print Ke Console Dengan Debug.Log

Sebelumnya kita telah belajar "Instalasi Visual Studio & Unity Engine", kali ini kita akan mulai menggunakan Unity Engine untuk membuat game. Yah walalupun pada pembuatan game kali ini masih terbilang cupu karena tidak ada graphicsnya sama sekali, tapi paling tidak kalian akan tahu lebih jauh tentang workflow atau cara kerja C# (C sharp, atau ada juga orang yang bilang C hastag hahaha ).

Seperti biasa kalian bisa download project ini lewat GitHub!
Copy Project Atau Code di GitHub! - #2 Print Ke Console Dengan Debug.Log
Di tutorial awal ini kalian akan belajar cara memprogram atau melakukan coding dengan bahasa pemrogramman C# di Unity, karena ini fokus di pemrogramman maka jangan berharap kalian akan menemui grafis 3D yang indah seperti yang sering kalian lihat di Unreal Engine, karena kalau berbicara mengenai 3D Object bagus, itu urusanya bukan lagi sama pemrogramman, tetapi sudah ke 3D Artist, kalau mau belajar 3D Modeling silahkan belajar aja Blender.

Untuk Tutorial Blender akan dibuat jika memang ada waktu jadi tunggu saja kabar baiknya.

Perlu diingat, halaman tutorial ini merupakan rangkuman materi dari video tutorial di youtube jadi disini hanya akan berisi poin-poinnya saja, jika ingin full tutorial silahkan kalian kunjungi channel youtube ini Krakenost Channel.

Workflow Game Tebak Angka

prinsip game tebak angka
Pada gambar diatas terlihat prinsip kerja dari game tebak angka yang akan kita buat, pertama program akan memberikan kita perintah untuk memilih suatu angka mulai dari angka satu sampai seribu, setelah itu program akan melakukan kalkulasi awal dan ketika kalkulasi ditemukan program ini akan memberikan tebakan angka kepada player dimana posisi player pada game ini adalah kita sendiri.

Ketika tebakan salah maka nilai dari tebakan program akan masuk ke min atau max tergantung dari input yang diberikan player, jika tebakan benar maka program akan dijalankan lagi dari awal.

Void Start()

Merupakan suatu function yang akan dieksekusi pertama kali sebelum unity engine menjalankan function void update() atau function-function lain yang ada di suatu program.

Pengertian C#

Dikutip dari wikipedia, C# (dibaca: C sharp) merupakan sebuah bahasa pemrograman yang berorientasi objek yang dikembangkan oleh Microsoft sebagai bagian dari inisiatif kerangka .NET Framework. Bahasa pemrograman ini dibuat berbasiskan bahasa C++ yang telah dipengaruhi oleh aspek-aspek ataupun fitur bahasa yang terdapat pada bahasa-bahasa pemrograman lainnya seperti Java, Delphi, Visual Basic, dan lain-lain) dengan beberapa penyederhanaan. Menurut standar ECMA-334 C# Language Specification, nama C# terdiri atas sebuah huruf Latin C (U+0043) yang diikuti oleh tanda pagar yang menandakan angka # (U+0023). Tanda pagar # yang digunakan memang bukan tanda kres dalam seni musik (U+266F), dan tanda pagar # (U+0023) tersebut digunakan karena karakter kres dalam seni musik tidak terdapat di dalam keyboard standar.

Kegunaan Debug.Log

Sebagai contoh akan saya berikan coding example di bawah:
Seperti yang kalian tahu kalau Debug.Log digunakan untuk mengeprint sesuatu kedalam Console yang ada di Unity.

Video Tutorial Unity Indonesia


Nah begitulah cara Print Ke Console Dengan Debug.Log, jika kalian masih memiliki banyak pertanyaan, silahkan tanyakan saja di kolom komentar yang sudah disediakan.

Selanjutnya kita akan belajar Variabel.
Related Posts
Krakenost
Never Stop Dreaming

Related Posts

Post a Comment