j5XpcW8LPSTMXB3E43AmnBvL2r59s0Bn3s1rqebM

Tutorial Blender Indonesia - Art Journey Day 5

Modifier merupakan sebuah fitur untuk mengenerate objek secara procedural.
add modifier blender
Array digunakan untuk menambahkan objek baru yang sesuai dengan objek yang telah dipilih.
array modifier
Kita bisa meng inherit modifier yang dimiliki objek satu ke objek lainya, dengan cara menekan 'Ctrl + L' lalu pilih Modifier.
inherite modifier blender
Menggabungkan dua objek atau lebih menjadi satu objek bisa dilakukan dengan memilih objek yang ingin di join, kemudian tekan 'Ctrl + J'.
joining objek blender
Mengubah Unit System, Scene -> Units -> Unit System.
unit system
Untuk mengubah Objek tertentu ke dalam mode wireframe, kita bisa mengklik objek tersebut, kemudian pada bagian objek properties -> Viewport Display -> Display As -> Wireframe.
mengubah objek ke wireframe mode
Mengubah Depth Pada Image Reference.
depth image blender
Mengubah Opacity pada image reference.
image opacity
Untuk membuat note di dalam blender bisa dilakukan dengan cara Pilih editor type ke text editor, kemudian pilih new.
make note blender
Untuk mengatur posisi objek dengan lebih presisi, kita bisa melakukan kalkulasi matematika pada location.
kalkulasi blender
Gunakan Pivot Around to 3D Cursor agar scaling objek akan mengikuti posisi 3D Cursor tersebut.
scale to 3d cursor
Curve Bezier, digunakan untuk membuat lengkungan objek.
bezier curve
Pada curve properties, kita bisa memilih seberapa banyak steps curve yang ada sehingga lengkungan bisa menjadi lembih smoth (Resolution Preview U).
add bezier curve
Pada Curve Bezier, delete di edit mode, kemudian tambahkan curver lagi dengan cara draw curve, kemudian extrude curve tersebut.

Select all curve, kemudian tekan 'V' atau ke Control Points -> Set Handle Type -> pilih sesuai kebutuhan.
curve normal
Convert Curve To Mesh Object, pilih curve kemudian masuk ke objek -> Convert to -> Pilih sesuai kebutuhan.
convert curve to mesh object
Spin, merupakan sebuah fitur untuk menambahkan faces ke arah memutar.
spin blender
Roughness adalah untuk menampilkan refleksi pada objek, jika roughness nol, maka refleksi akan disetting penuh, jika 1 maka refleksi off.
roughness blender
Untuk menambahkan suatu geometri tambahan bisa dilakukan dengan modifier Subdivision Surface.
subdivision surface
Fungsi To Sphere digunakan untuk membuat objek menjadi bentuk sphere, tekan F3 -> To Sphere.
to sphere blender
Bevel, menambahkan bagian baru dengan fitur yang cukup bagus, Shortcut 'Ctrl + B'.
bevel
Auto Smooth.
auto smooth
Append ialah mengimport beberapa data yang ada di dalam blend files.
append files blender
Membuat Scene baru bisa dilakukan dengan mudah.
membuat  scene baru pada blender
Contact Shadow, sangat berguna untuk mengatur shadow.
contact shadow blender
Screen Space Reflection, untuk mengaktifkan refleksi pada scene.
screen reflection
Itulah hal yang bisa saya bagikan kali ini, semoga informasinya bermanfaat dan sampai jumpa di tutorial berikutnya.
Related Posts
Krakenost
Never Stop Dreaming

Related Posts

Post a Comment