j5XpcW8LPSTMXB3E43AmnBvL2r59s0Bn3s1rqebM

Belajar Unity Indonesia #4 Player Input

Sebelumnya kita telah membahas tentang variabel, kali ini kita akan membahas mengenai Player Input, jadi kita akan belajar bagaimana cara memberikan sebuah input pada sebuah game, karena seperti yang kita tahu, setiap game pasti memiliki yang namanya input (masukan) yang dibutuhkan player untuk mengontrol atau memainkan suatu game.

Seperti biasa, kalian bisa download project ini di GitHub!
Copy Project Atau Code di GitHub! - #4 Player Input

Contoh Kode Input Tombol Pada Keyboard

if (Input.GetKeyDown(KeyCode.UpArrow))
        {
            Debug.Log("Tombol Panah Atas Telah Kamu Tekan");
        }
Nah kode diatas adalah contoh penulisan yang bisa kita pakai jika ingin menggunakan inputan pada keyboard. Dilihat dari kode (script) diatas ada beberapa hal yang bisa saya jelaskan yaitu:

"If" dari artikel yang saya kutip, if ialah: 
Pengertian Struktur IF dalam bahasa pemograman adalah sebuah struktur logika untuk membuat percabangan alur program. Secara sederhananya, dengan menggunakan struktur IF kita dapat mengatur apakah sebuah perintah akan dijalankan atau tidak tergantung kepada kondisinya.
Duniailkom
Agar lebih mudah dipahami inti dari if adalah "Jika suatu keadaan terjadi pada program, maka lakukan eksekusi atau jalankan apapun yang ada pada statement"

Selanjutnya adalah:
(Input.GetKeyDown(KeyCode.UpArrow))
Bayangkan jika Input adalah sebuah folder dan titik adalah suatu penanda sebuah sub folder, jadi bisa diartikan bahwa kode diatas bertujuan untuk mengakses suatu file (dimisalkan) yang ada di dalam folder Input > GetKeyDown > KeyCode > Nama File (dalam kasus ini "UpArrow").

Jadi untuk mengakses UpArrow kita harus masuk ke Input terlebih dahulu dan setelah berada di input kita cari GetKeyDown kemudian setelah masuk kita cari KeyCode dan terakhir adalah UpArrow yang merupakan bagian yang sedang kita cari (ini adalah analogi singkat mengenai script input).
Debug.Log("Tombol Panah Atas Telah Kamu Tekan");
Dan untuk kode yang ini seharusnya sudah saya jelaskan pada tutorial "Print Ke Console Dengan Debug.Log" jadi kalau kamu lupa kegunaanya silahkan balik lagi ke halaman tersebut.

void Start()

seperti yang sudah saya katakan di video, void start merupakan method/function dimana setiap statement yang ada didalamnya hanya akan dieksekusi sekali saja pada awal program setiap kali program dijalankan.

void Update()

Berbeda dengan void Start() void Update dijalankan pada setiap frame yang ada pada layar, jadi kita misalkan perangkat kita memiliki refresh rate 30 frame per/sec, maka pada kurun waktu satu detik statement tertentu akan dijalankan sebanyak 30 kali setiap frame.

Dari contoh kode yang saya berikan pada video, saya membuat script player input pada method void Update(), hal ini karena kita ingin script input ini bisa berjalan berkali-kali sesuai dengan kehendak player, karena jika kita letakan script input ini di dalam void Start, maka ia hanya dapat berjalan satu kali dan itupun dijalankan secara otomatis tanpa perlu menunggu intruksi/masukan dari player.

Method Atau Function

Method merupakan sebutan untuk behavioral/function di bahasa pemrogramman. Method selalu memiliki kurung lengkung atau “()”, kurung lengkung tersebut bisa juga disemati suatu variable atau parameter. Parameter sendiri adalah sebutan dari variabel yang terletak dalam kurung lengkung suatu method. Aturan penamaan method sama dengan aturan penamaan variable.
lecturer.ppns.ac.id

Video Tutorial Unity

Nah begitulah cara memberikan player input pada Unity, jika kalian masih memiliki banyak pertanyaan, silahkan tanyakan saja di kolom komentar yang sudah disediakan.

Selanjutnya kita akan belajar menggunakan if statement.
Related Posts
Krakenost
Never Stop Dreaming

Related Posts

Post a Comment