j5XpcW8LPSTMXB3E43AmnBvL2r59s0Bn3s1rqebM

8 Alasan Yang Membuat Tombol Windows Anda Tidak Berfungsi

Jika tombol windows anda tidak bekerja maka hal ini akan menyusahkan anda dalam penggunaan pc/laptop sehari-hari, hal ini karena akan ada banyak shortcut yang tidak akan berfungsi dikarenakan tombol windows yang tidak berguna atau mati.

Tombol windows adalah salah satu tombol yang paling penting pada keyboard. Namun apa yang terjadi jika tombol windows ini tidak berfungsi? Tidak hanya anda tidak bisa mengakses start menu, tetapi juga beberapa shortcut lain menjadi tidak berguna.

Kami disini akan memberikan petunjuk untuk anda dalam mengatasi masalah ini melalui beberapa langkah yang bisa anda lihat dibagian bawah.

1. Jalankan Keyboard Troubleshooter

Windows 10 memiliki fitur troubleshooter yang bisa anda coba untuk secara otomatis memperbaiki masalah yang muncul. Dari berbagai macam troubelshooter yang ada, microsoft menyediakan keyboard troubleshooters pada windows 10 yang bisa anda gunakan, dan semoga saja bisa memperbaiki masalah yang ada.

1. Klik kanan pada Start Menu yang ada di pojok kiri bawah kemudian pilih Settings.
2. Klik Update & Security > Troubleshoot > Additional troubleshooters.
3. Klik Keyboard > Run the troubleshooter.
4. Izinkan troubleshooter untuk melakukan pekerjaanya. Ia akan mendeteksi masalah dan memperbaikinya sesegera mungkin.

2. Re-Register Start Menu

Jika tombol windows anda rusak, atau Start menu yang mengalami masalah? Klik ikon windows yang ada di kiri kabaw layar anda. Jika tidak ada yang terjadi, maka masalahnya ada pada Start Menu.

Jika demikian, anda bisa memperbaikinya dengan cara meregistri ulang Start Menu.

1. Klik kanan pada taskbar dan klik Task Manager.
2. Klik File > Run new task.
3. Masukan powershell dan klik Ok.
4. Paste command intruksi dibawah ini dan enter.
Get-AppxPackage Microsoft.Windows.ShellExperienceHost | Foreach {Add-AppxPackage -DisableDevelopmentMode -Register "$($_.InstallLocation)\AppXManifest.xml"}
Jika kode intruksi sudah dijalankan dan selesai, maka Start menu pada windows seharusnya sudah berjalan normal.

3. Matikan Mode Gaming

keyboard gaming
Banyak vendor keyboard yang meluncurkan mode gaming disetiap serinya.

Mode gaming pada keybioard bisa digunakan untuk mematikan tombol tertentu yang tidak anda inginkan saat bermain gam. Nah seperti yang anda duga, salah satu tombol tersebut ialah tombol windows, dengan kata lain anda mungkin saja secara tak sadar telah menmatikan tombol tersebut.

Setiap tombol pada keyboard memiliki ikon tombol yang berbeda-beda, cobalah cari tombol dengan ikon yang mempresentasikan mode gaming (seperti sebuah ikon joystik pada keyboard diatas) atau bisa juga menggunakan shortcut FN+10 karena beberapa vendor kadang menggunakan cara tersebut untuk melakukan switch dari mode biasa ke mode gaming dan juga sebaliknya.

Jika anda tidak yakin, silahkan gunakan mesin pencari google dengan kata kunci "mode gaming keyboard" disertai nama vendor dan seri yang anda miliki, maka anda akan menemukan apa yang anda cari disana.

4. Coba Keyboard Lain

Penggunaan harian bisa saja adalah salah satu hal yang membuat keyboard anda berhenti berfungsi, karena yang namanya hardware pasti ada kalanya rusak karena penggunaan. Hal ini penting untuk mengetahui apakah tombol windows rusak dikarenakan Hardware atau rusak dari sisi software.

Jika anda memiliki keyboard cadangan, coba koneksikan pada komputer anda dan coba apakah keyboard tersebut berjalan dengan wajar atau tidak, jika ternyata keyboard tersebut berjalan dengan sebagaimana mestinya maka anda bisa berasumsi bahwa keyboard anda yang satunya telah rusak.

Namun untuk memastikanya anda bisa mengkoneksikan keyboard yang bermasalah tersebut ke komputer lain. Jika keyboard masih tetap tidak bekerja berarti keyboard anda memang benar-benar rusak, coba hubungi vendor keyboard untuk mencari tahu apakah ada garansi dan masih bisa ditukar dengan keyboard yang baru atau tidak.

5. Tutup Aplikasi Yang Berjalan

Jika tombol windows berfungsi tetapi shortcutnya tidak (semisal Windows + L untuk mengunci akun dan Windows + R untuk membukan Run), maka bisa saja hal ini karena salah satu program yang berkalan pad akomputer anda menghalangi kombinasi tombol shortcut yang ada.

Pilihan terbaik yang bisa anda lakukan ialah membuka Task Manager, yang mana bisa anda buka dengan cara klik kanan pada sisi taskbar dibagian yang kosong kemudian pilih Task Manager. Akan ada daftar proses yang berjalan disana.
task manager
Lihat daftar aplikasinya, kemudian tutup setiap aplikasi satu persatu sambil mengecek tombol shortcut yang ada. Lakukan pada semua bakcground Process. Akan tetapi jangan sekali-kali anda mematikan Windows Process.

6. Update Drivers Dan Software

Driver adalah sebuah software yang mengurusi atau membantu mengatur sumber daya pada hardware pada komputer anda. Tombol windows anda mungkin saja rusak dikarenakan driver yang outdate atau kesalahan yang disebabkan oleh driver itu sendiri.

Namun perlu diingat, hal ini mungkin tidak akan mengubah apapun jika anda menggunakan basic keyboard yang tidak memiliki tombol lain atau fungsi, hal ini karena keyboard yang seperti ini biasanya menggunakan driver bawaan windows sendiri.
troubelshooter keyboard
Anda bisa menggunakan Device Manager untuk melakukan scan driver.

1. Klik kanan pada taskbar dan klik Task Manager.
2. Pilih File > Run new task.
3. Masukan devmgmt.msc dan klik Ok.
4. Double klik pada keyboard kategori.
5. Klik kanan pada nama keyboard yang anda gunakan lalu klik Update driver > Search automatically for drivers.

Anda juga bisa mengunjungi website resmi provider keyboard anda untuk mengecek apakah ada update driver terbaru atau tidak, vendor seperti Logitech dan Razer memiliki software keyboard kustomisasi milik mereka sendiri, anda bisa mencoba software tersebut dan mengeksplore lebih dalam disana.

7. Hapus Scancode Map

Sebuah Map Scancode merupakan suatu hal yang bisa mengubah fungsi dari tombol standar pada keyboard anda. Tombol windows anda mungkin saja dimatikan secara paksa dikarenakan Scancode Map ini, bisa jadi dikarenakan anda mendownloadnya sendiri sebelumnya atau bisa juga Scancode ini sudah di setel oleh program tertentu yang anda gunakan.

Untuk menghapusnya, kamu perlu ke registri editor dan menghapus nilai dari Scancode Map ini.

1. Klik kanan pada taskbar dan pilih Task Manager.
2. Klik File > Run new task.
3. Masukan regedit dan pilih ok.
4. Menuju ke View dan klik Address Bar.
5. Pada address bar dibawah menu, masukan: Computer\HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Keyboard Layout
6. Pada tab bagian kanan, klik kanan nilai Scancode Map klik Delete > Yes.
7. Restart komputer anda.

8. Matikan Filter Keys

filter key
Tombol filter adalah fungsi windows 10 dimana ketika dinyalakan, ia akan mengabaikan penekanan tombol yang singkat atau berulang. Hal ini bisa jadi hal yang mengganggu tombol windows anda tidak berfungsi, jadi matikan saja.

1. Klik kanan taskbar dan pilih Settings.
2. Klik Ease of Access.
3. Pada bagian kiri menu, pilih keyboard.
4. Dibawah User FIlter Keys, klik slider ke sisi Off.


Gunakan Tombol Windows Untuk Banyak Pintasan

Semoga dengan cara diatas tombol windows anda bisa berfungsi kembali, tidak hanya tombol windows memberikan akses cepat ke start menu, ia juga memiliki tombol kombinasi yang bisa digunakan untuk mengakses berbagai macam fitur yang ada.

Anda mungkin harus menghafal beberapa shortcut pada windows yang nantinya akan memberikan anda akses ke beberapa hal dengan lebih cepat.
Related Posts
Krakenost
Never Stop Dreaming

Related Posts

Post a Comment