j5XpcW8LPSTMXB3E43AmnBvL2r59s0Bn3s1rqebM

Cara Mengatasi 7 Masalah Umum Dan Error Code Pada Zoom

Cara Mengatasi 7 Masalah Umum Dan Error Code Pada ZoomZoom terkadang mengalami masalah teknis yang cukup mengesalkan, hal ini bisa menyebabkan anda melewatkan rapat penting. Perbaiki error Zoom yang sering terjadi dengan beberapa tips ini untuk mendapatkan pengalaman video call yang lebih smooth.

Zoom adalah sebuah program yang sangat bagus untuk video conference. Karena kemudahan yang diberikan sudah terbukti dan sangat bermanfaat bagi pengguna.

Jika anda membutuhkan sebuah media dimana anda bisa melakukan meeting terjadwal secara online, maka Zoom adalah pilihanya. Akan tetapi tak jarang juga program ini memiliki masalah error code yang bisa terjadi tiba-tiba, oleh karena itu anda perlu mengatasi masalah ini sesegera mungkin untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan disaat anda sedang melakukan meeting yang penting.

Itulah kenapa kami ada disini untuk membantu anda. Kami akan membuatkan daftar error pada aplikasi zoom yang sering kita temui dan bagaimana cara mengatasinya.

1. Tidak Bisa Terkoneksi Dengan Zoom

Masalah yang paling umum ditemui saat menggunakan zoom ialah tidak bisa terkoneksi dengan meeting atau video conference yang sedang berlangsung. Meskipun zoom client itu sendiri berjalan dengan lancar, tapi anda akan mengalami masalah ketika mengklik join link atau setelah memasukan meeting ID dan password.

Masalah seperti ini biasanya memberikan informasi error code seperti: 5000, 5003, 5004, 104101, 104102, 104103, 104104, 104105, 104106, 104110, 104111, 104112, 104113, 104114, 104115, 104116, 104117, dan 104118.

Konfigurasi Firewall

Langkah awal yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah ini ialah memberikan akses Zoom melalui firewall. Langkah yang bisa anda pilih untuk melakukan langkah ini tergantung dari firewall yang anda gunakan. Untuk windows, firewall yang digunakan secara default ialah Windows Security.

1. Gunakan Windows Search Bar dan masukan Windows Security lalu buka app tersebut.
2. Pilih Firewall & network protection.
3. Pilih Allow an app through the firewall.
4. Pilih Change settings.
5. Cari Zoom Video Conference dan centang bagian Private dan Public.
6. Pilih Ok
allow zoom in firewall
Jika ini tidak berhasil, anda bisa menonaktifkan firewall untuk sementara ketika anda ingin menggunakan zoom. Untuk melakukan ini, masuk lagi ke bagian Firewall & network protection, pilih network yang sedang aktif (Private Network) kemudian geser Microsoft Defender Firewall menjadi off. Anda perlu mengingat langkah ini untuk menyalakan kembali firewall ketika selesai menggunakan zoom demi keamanan windows anda.
turn of firewall

Matikan Antivirus

Solusi kedua ialah dengan mematikan antivirus yang anda miliki untuk sementara waktu. Dan lagi langkah ini tergantung dari antivirus yang anda gunakan jika anda menggunakan antivirus pihak ketiga. Untuk di windows sendiri, sudah ada antivirus bawaan yaitu Windows Security.

1. Cari Windows Security pada search bar windows
2. Pilih Virus & threat protection.
3. Dibawah Virus & threat protection settings, Pilih Manage settings.
4. Matikan Real-time protection ke posisi off.

Jika sudah, coba anda buka laki zoom dan lakukan video conference seperti biasa. Windows seharusnya akan secara otomatis mengaktifkan virus protection lagi jika anda selesai menggunakan zoom, tapi alangkah baiknya anda mengecek kembali virus protection seperti pada langkah diatas.

2. XmppDll.Dll Is Missing

Jika anda mendapatkan error XmppDll.Dll Is Missing, itu menandakan instalasi zoom mengalami korup data.

Untuk mengatasinya cukup mudah, anda hanya harus secara manual menginstall zoom ke versi terbaru yang mana bisa anda download instalernya melalui Download Center.

Pilih saja Download yang ada dibawah Zoom Client for Meetings, kemudian buka file .exe nya, ikuti intruksi yang ada saat melakukan instalasi zoom.

3. Entry Point Not Found

Jika anda menerima error "Entry Point Not Found" atau "The procedure entry point could not be located", maka anda perlu menginstall ulang Microsoft Visual C++ 2008 SP1.

Paket ini akan menginstall file-file yang dibutuhkan oleh zoom, dan aplikasi lain yang membutuhkanya.

Untuk mendapatkan file-file penting yang dibutuhkan, silahkan kunjungi Microsoft Download Center. Pilih bahasa (pilih saja English), klik Download, buka file .exe nya, kemudian ikuti petunjuk yang tertampil di display.

4. "There Is No Disk In The Drive" Dan Error Code 3000

Jika pesan error yang anda dapatkan adalah seperti ini "There is no disk in the drive. Please insert a disk into the drive." biasanya masalah ini akan terjadi ketika hendak bergabung atau meninggalkan meeting.

Meskipun muncul error seperti ini, anda tidak harus memasukan disk atau apapun kedalam komputer. Hal ini terjadi dikarenakan zoom mencari file path yang tidak ada.

Anda juga mungkin akan menemukan error code 3000 selama instalasi. Hal ini terjadi karena Zoom tidak bisa overwrite atau me replace file yang masih ada dikarenakan proses yang sedang berjalan.
zoom error 3000
Apapun error yang anda temukan, bergembiralah karena solusi untuk mengatasinya cukup simpel. Pertama, uninstall Zoom. Untuk melakukan ini:

1. Tekan Windows + I untuk membuka setting.
2. Pilih Apps.
3. Cari aplikasi Zoom pada daftar, kemudian klik Uninstall

Sekarang, anda hanya perlu menginstall ulang Zoom. Anda bisa mendownload installernya di Zoom Download Center.

5. Error Code 0, 1002, Or 10006

Error seperti ini biasanya akan anda temui selama proses instalasi, khususnya saat melakukan update Zoom.

Pertama cek terlebih dulu apakah anda memiliki ruang penyimpanan yang lebih. Buka File Eksplorer dan pilih This PC. Lihat ada berapa banyak ruang penyimpanan yang tersisa. Jika Hard Drive berwarna merah, ini berarti penyimpanan yang anda miliki sudah di ambang batas, silahkan hapus file yang menurut anda tidak penting.

Jika berwarna Biru, berarti bukan ini yang menjadi masalahnya, coba anda update Zoom melalui Download Center.

Dan yang terakhir, jika anda masih saja mendapatkan error code ini, silahkan tekan tombol Windows + R untuk membukan Run lalu masukan:
C:/Users/%Username%/AppData/Roaming/Zoom
Jika perlu replace C dengan disk drive tempat zoom terinstall, secara default zoom ada di disk C, jika sudah klik Ok.

Di dalam folder yang terbuka, anda akan menemukan file installer.txt. Kirim file ini ke Zoom Support site untuk bantuan lebih lanjut dari pihak zoom.

6. Error Code 13003

Error seperti ini sering terjadi selama proses instalasi, biasanya disebabkan oleh permissions atau hak akses yang salah atau driver yang konflik.

Pertama, anda perlu membukan Zoom installer as administrator, caranya klik kanan pada Zoom installer lalu pilih Run As Admin.
driver zoom
Jika anda masih mendapatkan error seperti ini, maka sudah bisa dipastikan ini adalah masalah driver, anda bisa menggunakan Windows Update untuk mengecek update terbaru:

1. Tekan Windows +I untuk membuka pengaturan.
2. Pilih Update & Security.
3. Pilik Check for updates.

Jika tidak ada update yang  ditemukan, hal ini berarti driver yang anda miliki sudah up to date.

7. Error Code 2008

Error ini menampilkan pesan "The meeting has an unexpected error", disertai dengan error code 2008.

Jika anda melihat pesan ini, hal ini berarti anda belum memiliki license yang benar untuk ikut bergabung dengan webinar. Mungkin saja license yang anda miliki sudah kadaluarsa.

Host perlu mengunjungi Zoom User Management sebagai admin. Disini mereka bisa memberikan akses pada anda untuk ikut serta dalam webinar.

Itulah Cara Mengatasi Zoom Yang Bermasalah Semoga tutorial ini bisa bermanfaat dan bisa membantu anda dalam mengatasi masalah yang sering muncul pada Zoom, akan tetapi jika masalah diatas masih belum bisa teratasi, silahkan kunjungi Zoom support site untuk bantuan lebih lanjut.
Related Posts
Krakenost
Never Stop Dreaming

Related Posts

Post a Comment