j5XpcW8LPSTMXB3E43AmnBvL2r59s0Bn3s1rqebM

Tutorial Blender Indonesia - Art Journey Day 4

Cara mengganti warna objek bisa melalui material, kemudian buat material baru atau pakai yang sudah ada, lalu pilih warna pada bagian Base Color.
mengubah warna objek pada blender
Angka yang terdapat di sebelah kanan pada bagian nama material, menandakan jumlah objek yang menggunakan material tersebut.
material blender
Ketika ada dua objek menggunakan satu material yang sama, dan kita ingin mengubah material pada objek yang kedua, kita bisa mengklik ikon yang ada di sebelan kanan nama material.
material pada objek
Jika kita memiliki objek lebih dari satu, dan kita ingin memberikan sebuah material sekaligus pada semua objek yang kita pilih, maka bisa kita lakukan dengan cara pilih semua objek terlebih dahulu, kemudian pada objek yang kita pilih terakhir atau aktif select, kita ubah komposisi materialnya, misalnya kita ingin memberikan warna merah pada objek, maka hanya ada satu objek yang berubah warna, sedangkan yang lainya tidak, agar yang lain juga mendapatkan material ini caranya adalah dengan menekan tombol 'Ctrl + L' lalu pilih Materials.
memberi material pada semua objek sekaligus
Jika kita memiliki group collection dan kita ingin memilih semua objek yang ada di collection tersebut, kita bisa lakukan dengan cara klik kanan padan collection, kemudian pilih Select Objects.
pilih semua objek
Untuk mengaktifkan Snapping kita bisa mengaktifkanya dengan cara mengklik ikon magnet pada Editor Type, shortcut 'Shift + Tab'.
snapping
Nyalakan Absolute Grid Snap jika ingin memaksa objek melakukan snap ke grid walaupun posisi sebelumnya berada di antara grid atau tidak pas pada garis.
absolute snap grid
Tekan 'Z' untuk memilih tipe scene.
view type
Mengubah background pada blender bisa dilakukan dengan cara masuk ke bagian World, lalu pilih warna yang di inginkan. Untuk melihat hasilnya kita harus berada di mode view Rendered.
mengubah background pada blender
Pivot point
pivot point
Cara mengubah origin objek adaah dengan masuk ke edit mode, kemudian ubah posisi objek.
mengubah origin objek
Inset Tool digunakan untuk membuat face baru dimana face tersebut bisa kita atur skalanya, Shortcut 'I'.
insetting
Insert Faces Individual, bisa digunakan untuk mengekstrude atau scale face lebih dari satu bagian.
insetting individual
Insert kemudian pilih select outer, untuk menselect face yang ada disekitar face yang kita seleksi pertama.
select outliner
Loop Cut, digunakan untuk memotong sebuah objek atau lebih tepatnya menambahkan edges pada posisi terntentu, Shortcut 'Ctrl + R'
loop cut
Saat melakukan Cutting, gunakan scrool wheel untuk menambah atau menguragi jumlah potongan objek yang ingin dibuat.
multiple loop cut
Pilih Edges Select, kemudian tahan Alt laluh pilih edges pada objek yang ingin dipilih, maka semua edges yang saling berhubungan akan ikut terpilih.
edges select all
Kita bisa mengubah arah gerak suatu edges, faces, vertes sesuai dengan path yang ada atau sesuai dengan jalur dari masing-masing edges, vertex, dan faces, yaitu dengan cara mengklik Tombol 'G' 2 Kali.
gg shortcut blender
Subdividing
subdividing
Itulah hal yang bisa saya bagikan kali ini, semoga bisa membantu kita semua.
Related Posts
Krakenost
Never Stop Dreaming

Related Posts

Post a Comment