j5XpcW8LPSTMXB3E43AmnBvL2r59s0Bn3s1rqebM

Belajar Unity Indonesia #7 Kalkulasi Simpel Pada Game

Setelah kemarin kita sudah belajar Unity mengenai "Scope Variabel", sekarang kita akan membuat kalkulasi sederhana yang nantinya akan berfungsi untuk membuat game kita bisa menebak angka yang akan kita pilih.

Jadi semisal kita memilih angka 600, nantinya game atau program kita akan memberikan tebakan secara berurutan sesuai dengan input yang kita berikan.

Dan seperti yang kita ketahui sebelumnya, input player yang telah kita buat ada 3 yaitu, tombol panah atas, bawah, dan tombol enter. Dimana tombol atas ini kita gunakan jika tebakan yang diberikan program terlalu rendah, dan tombol atas akan kita gunakan jika tebakan dari program terlalu rendah, dan tombol enter digunakan jika tebakan dari program benar.

Saya ingatkan lagi, tutorial ini memiliki keterkaitan erat dengan video tutorial yang ada di youtube, oleh karena itu alangkah baiknya kalian tonton dulu pembelajaran di sana, baru setelah itu kalian baca bagian postingan di web krakenost.com ini. Hal ini karena postingan disini saya buat untuk merangkum apa yang saya berikan pada video "Tutorial Unity Indonesia"

Seperti biasa, kalian bisa download project ini di GitHub!
Copy Project Atau Code di GitHub! - #7 Membuat Kalkulasi Sederhana

Kalkulasi Game Tebak Angka

Seperti yang sudah saya jelaskan pada tutorial yang kedua tentang "Print Ke Console Dengan Debug.Log", bahwa kalkulasi yang akan kita buat merupakan sebuah rumus simpel yang sebenarnya tidak terlalu memusingkan, dimana rumus kalkulasinya bisa kamu lihat dibawah:
(Max + Min) / 2 = Tebakan
Disitu terlaihat jelas bahwa ada 2 variabel yang dibutuhkan dimana hasil dari aritmatika (hitungan) tersebut akan disimpan pada variabel "Tebakan".

Disitu terdapat nilai max dan juga nilai min, dimana hasil dari penjumlahan 2 variabel ini akan dibagi dengan angka 2 dan menghasilkanlah nilai dari variabel tebakan.

Variabel1 = Variabel2

Nah disini kita juga membuat beberapa tambahan script dimana bisa kalian lihat dibawah:
variabel pada unity
Pada gambar diatas bisa kalian lihat, saya memberikan nilai variabel max = nilai dari variabel tebakan, jadi disini nilai yang tersimpan pada variabel tebakan saya ambil dan saya taruh di variabel max (bukan berarti nilai pada variabel tebakan hilang, nilainya masih ada).

Lalu pada baris berikutnya saya buat rumus simpel seperti ini: tebakan = (max + min) / 2

Dengan adanya kalkulasi ini maka nilai dari variabel tebakan akan berubah sesuai dengan hasil kalkulasi.

Video Tutorial Unity

Di tutorial unity berikutnya, kita akan belajar cara menambahkan function atau method yang akan berguna bagi game kita ini agar nantinya dia bisa menjalankan program tersebut berulang-ulang.
Related Posts
Krakenost
Never Stop Dreaming

Related Posts

Post a Comment