j5XpcW8LPSTMXB3E43AmnBvL2r59s0Bn3s1rqebM

Belajar Blender - User Interface

Untuk pengguna baru, mungkin anda akan sedikit bingung dengan tampilan UI (User Interface) dari Blender versi terbaru, yaitu versi 2.8 atau sejak artikel ini di tulis blender sudah masuk ke versi 2.9.
Perubahan yang cukup signifikan terjadi semenjak lompatan versi blender dari 2.79 ke 2.8, dimana UI yang baru ini benar-benar lebih modern dan enak dipandang dan bisa dibandingkan dengan software-software 3D Modeling lainnya.

Untuk kesempatan kali ini kita akan membahas sedikit mengenai User Interface Blender Secara singkat, mulai dari toolbar, Splash Screen, Windows Layout dan lain sebagainya.

Splash Screen

Merupakan salah satu bagian dari blender yang akan sering anda lihat ketika membuka software ini.
Blender splash screen
Di bagian splash screen ini anda bisa melihat recent files atau file blender yang terakhir kali anda buka, serta beberapa opsi pilihan seperti New Files, Open Files, kemudian versi blender yang digunakan hingga Blender Development Fund pun ada di sini.

Untuk Menutup Splash Screen ini anda bisa melakukannya dengan cara menekan tombol escape atau bisa juga dengan mengeklik sembarang tempat, maka splash screen akan otomatis tertutup.Akan tetapi jika anda ingin menampilkan kembali layar jendela splash screen ini, anda bisa melakukanya dengan mengeklik ikon blender berwarna putih yang ada di pojok kiri atas.

Cara menampilkan Splash Screen Blender.

Cara Menampilkan Splash Screen Blender

Cara Menampilkan Splash Screen Blender #blender

Dikirim oleh Krakenost pada Kamis, 15 Oktober 2020

Blender Layout

Blender memiliki layout yang cukup unik dan sangat intuitive, selain diberi kemudahan dalam menata layout, blender juga menyediakan theme yang cukup enak untuk dipandang, ada versi Black/Dark dan juga Light.

Dimana theme ini akan sangat berguna dibeberapa kondisi tertentu, semisal anda sedang menggunakan Blender di ruang terbuka dimana akan ada banyak sekali sinar matahari yang membuat layar monitor anda akan terlihat kurang terang, maka anda bisa menggunakan theme Light untuk mempermudah mata anda dalam melakukan modeling ditempat seperti ini.

Sedangkan jika aktifitas anda yang berkaitan dengan blender, anda lakukan di malam hari atau didalam ruangan, anda bisa menggunakan theme Dark untuk kenyamanan mata anda.

Untuk cara mengubah Theme, anda hanya perlu pergi ke Edit -> Preferences -> Themes -> Pilih Theme yang diinginnkan. Selain itu anda juga bisa mengkostumisasi Themes Blender secara bebas dengan cara mengubah settingan yang ada pada tab ini.
themes blender
Layout pada blender sendiri dibagi dalam beberapa bagian, secara default anda akan melihat empat bagian layout yang masing-masing memiliki kegunaan dan fungsinya masing-masing, bagian-bagian ini dinamakan dengan Editor Type, dimana Editor Type ini bisa anda ubah dengan cara mengklik icon Editor Type yang ada di pojok kiri atas pada setiap Layout Editor yang ada.

Cara Mengganti Editor Type Pada Blender.

Cara Mengganti Editor Type Pada Blender

Cara Mengganti Editor Type Pada Blender #blender

Dikirim oleh Krakenost pada Jumat, 16 Oktober 2020

Editor Type

Secara default, blender akan memberikan anda empat tipe editor  yang bisa anda lihat pada tampilan awal blender yaitu:
  • 3D Viewport
  • Outliner
  • Properties
  • Timeline
Blender-Layout
3D Viewport bisa dibilang merupakan workspace, dimana anda akan melakukan modeling, semisal seperti melakukan Scale, Rotation, Move dan lain sebagianya.

Outliner merupakan suatu tempat dimana semua objek yang ada pada Scene dilist atau dibuat daftar sehingga objek ini nantinya akan menjadi lebih terorganisir.

Properties, seperti namanya, Editor Type yang satu ini digunakan untuk mengubah properties dari suatu objek, kita ambil contoh mudahnya saja yaitu pemberian material pada objek, semisal kita ingin membuat objek kita berwarna Biru, maka dbagian Editor Properties inilah kita bisa melakukanya.

Timeline, secara singkat, Editor Type ini digunakan untuk keperluan animasi.

Dan sebagai tambahan, setiap Editor Type memiliki Header yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhanya.

Toolbar

Di dalam Blender ada dua sisi dimana toolbar itu berada, yaitu disebelah kiri dan kanan, untuk toolbar disebelah kiri secara default ia muncul dan bisa anda lihat, sedangkan untuk toolbar disisi sebelah kanan posisinya terhidden atau tersembunyi, untuk menampilkannya, anda perlu mengklik ikon panah yang ada di sisi sebelah kanan, atau bisa juga menggunakan tombol shortcut yaitu 'N'. Dan untuk shortcut toolbar yang ada disebelah kiri menggunakan tombol 'T'.

Cara Menampilkan Toolbar Pada Blender.

Cara Menampilkan Toolbar Pada Blender

Cara Menampilkan Toolbar Pada Blender #blender

Dikirim oleh Krakenost pada Jumat, 16 Oktober 2020
Akan tetapi ada beberapa kondisi dimana anda tidak bisa membuka toolbar dengan shorcut, contohnya adalah disaat anda ingin menampilkan toolbar yang ada pada Editor Timeline, hal ini karena shortcut 'T' sudah di assign dengan fungsi lain. Jadi anda harus memunculkanya secara manual.

Perlu diingat bahwa pilihan opsi yang ada didalam toolbar ini kerap kali berubah-ubah sesuai dengan Editor Type yang sedang anda pakai.

Jadi itu saja untuk penjelasan singkat mengenai Blender User Interface, semoga bisa membantu anda semua dalam mempelajari software 3D Modeling yang satu ini.
Related Posts
Newest Older
Krakenost
Never Stop Dreaming

Related Posts

Post a Comment