j5XpcW8LPSTMXB3E43AmnBvL2r59s0Bn3s1rqebM

Cara Membuat Windows BSOD Secara Manual

Krakenost - Kebanyakan orang ingin PC yang mereka gunakan tidak mengalami kerusakan atau crash, akan tetapi tidak jarang pula ada beberapa dari kita yang malah menginginkan sistem yang kita pakai mengalami bluescreen of death (BSOD). Jika anda sedang dalam posisi ini dan bingung bagaimana cara yang mudah dan tidak terlalu berisiko untuk membuat sistem mengalami BSOD, maka anda bisa mengikuti caranya pada artikel ini. Berikut adalah cara mudah membuat sistem windows 10 mengalami BSOD.
cara membuat windows 10 bsod
Mari kita menjelajahi lebih jauh cara memicu BSOD pada sistem windows, dan apa sebenarnya yang menjadi penyebab orang-orang menginginkan hal ini.

Cara Mengatur Settingan Pada Sistem Windows 10 Untuk Memicu BSOD

Untuk memulai, sistem kita membutuhkan sentuhan kecil untuk mengaktifkan fitur ini. Microsoft menyembunyikan opsi ini didalam registry, sehingga pengguna tidak secara tidak sengaja mengaktifkanya.

Jadi untuk langkah awal anda perlu membuka menu registry yaitu dengan cara menekan tombol "Windows + R" kemudian ketikan regedit lalu tekan enter.
regedit windows
Sekarang anda perlu melakukan beberapa perubahan pada beberapa lokasi spesifik di jendela registry. Perlu diingat bahwa lokasi yang akan kita edit nanti tergantung dari tipe keyboard yang anda gunakan di PC.

Jika anda menggunakan PS/2 keyboard, maka buka direktori ini:
HKEY_LOCAL_MACHINE\System\CurrentControlSet\Services\i8042prt\Parameters
Jika menggunakan Keyboard berjenis USB buka direktori ini:
KEY_LOCAL_MACHINE\System\CurrentControlSet\Services\kbdhid\Parameters
Dan yang terakhir jika anda menggunakan Hyper-V Keyboard, anda perlu membuka direktori berikut:
HKEY_LOCAL_MACHINE\System\CurrentControlSet\Services\hyperkbd\Parameters
Jika anda bingung dengan tipe keyboard yang anda gunakan, maka anda bisa dengan aman menambahkan semua setingan kedalam tiga tempat direktori yang berbeda, percayalah, tidak akan ada hal buruk yang akan terjadi jika anda melakukanya.

Ketika anda sudah berada di direktori yang bersangkutan, klik kanan pada bagian kosong di sebelah kanan jendela, kemudian arahkan kursor ke opsi New, lalu klik DWORD (32-bit) Value.
dword 32
Anda kemudian akan diberi pertanyaan untuk memberi nama pada file baru yang anda buat tadi, anda perlu memberikan nama file ini secara spesifik sehingga komputer tahu apa kegunaan dari file tersebut, beri nama file ini CrashOnCtrlScroll.

Klik kanan pada file ini kemudian pilih Modify, pada jendela yang muncul silahkan ubah Value ke 1.
bsod registry
Setelah selesai, tutup registry editor. Anda perlu melakukan restart sistem sehingga fitur crash ini bisa di load oleh sistem.

Buat Windows 10 Menjadi BSOD

Sekarang setelah anda telah menyeting fitur BSOD secara benar, saatnya untuk memicu fitur ini untuk mengaktifkan BSOD. Untuk melakukanya, anda perlu tahan tombol Ctrl sebelah kanan. Perlu diingat bahwa jika anda menahan tombol Ctrl yang ada disebelah kiri, maka BSOD tidak akan aktif. Setelah tombol Ctrl masih anda tahan sekarang anda tekan tombol Scroll Lock dua kali berturut-turut.

Jika anda menggunakan laptop yang tidak memiliki tombol Scroll Lock, anda bisa menggunakan cara lain yaitu dengan menahan tombol Fn, kemudian klik dua kali pada tombol C, K, S atau F6.

Jika anda mengikuti langkah diatas dengan benar, maka pc anda secara langsung akan mengalami bluescreen, perlu diingat bahwa BSOD yang disebabkan dari cara ini adalah "MANUALLY_INITIATED_CRASH" jadi anda tahu bahwa BSOD ini disebabkan karena keinginan anda sendiri bukan dikarenakan ada ke eroran sistem.

Kenapa Kita Ingin Memicu BSOD?

Sekarang setelah anda tahu cara memicu BSOD, maka hal terakhir yang masih jadi pertanyaan adalah "Kenapa Anda Menginginkan Hal Ini?". Sejauh yang saya tahu ada dua hal alasan yang sering menjadi penyebab utamanya.

Pertama, pengaktifan BSOD secara manual adalah langkah terbaik yang bisa dilakukan developer untuk mencari tahu apa yang terjadi kepada software selama BSOD ini terjadi. Jika program yang mereka buat ternyata masih melakukan aktifitas di dalam disk penyimpanan ketika BSOD berlangsung, maka hal ini bisa mengakibatkan masalah serius yang terkadang berujung pada corupt data. Dengan mengaktifkan fitur BSOD secara manual, developer bisa yakin dengan program yang mereka buat tidak mengganggu sistem windows yang ada.

Alasan kedua, mengaktifkan BSOD secara manual adalah cara terbaik untuk melihat apakah PC anda bisa mengenerate crash dump. Ketika BSOD terjadi, terkadang PC akan membuat suatu log tentang hal yang salah yang membuat BSOD terjadi.
Related Posts
Krakenost
Never Stop Dreaming

Related Posts

Post a Comment