j5XpcW8LPSTMXB3E43AmnBvL2r59s0Bn3s1rqebM

Apa Itu Web, Dan Cara Kerjanya?

Cara Kerja Web - Disini kita akan berbicara mengenai konsep dari sebuah Web.

Seperti yang sudah kita ketahui, Internet adalah kumpulan dari suatu network/jaringan, yang mana dengan adanya infrastruktur internet ini banyak hal bisa menjadi mungkin, salah satunya ialah berjalanya fungsi World Wide Web.

world wide web


World Wide Web secara umum kita kenal sebagai Web, Web merupakan sebuah sistem informasi yang memungkinkan kita untuk berbagi macam hal dengan banyak orang secara online, semisal kita bisa berbagi sumber daya yang berbentuk digital dan file lain seperti dokumen.

Lalu semua sumber daya tersebut di identifikasi oleh URL (Uniform Resource Locators). Pada dasarnya setiap kali anda mengakses suatu url atau menggunakan web browser untuk menampilkan suatu halaman website, maka secara pasti anda sedang menggunakan Web.

Berikut adalah penjelasan URL yang dikutip dari Niagahoster:

URL adalah singkatan dari Uniform Resource Locator , istilah lain untuk menyebut alamat website. URL ini berfungsi membawa Anda ke sebuah website spesifik yang ingin dituju. Biasanya, Anda akan diminta mengetikkan alamat ini di bagian address bar yang ada di browser.
Niagahoster

Jadi jika anda sekarang berada disini di krakenost.com dan menelusuri berbagai macam halaman web yang ada, maka itu adalah penggambaran web secara singkat yang bisa anda rasakan.

Ingat bahwa internet tidak hanya bisa digunakan untuk web saja, tetapi juga streaming, email dan masih banyak hal lainya. Web hanyalah salah satu bagian data yang dikirim melalui jaringan internet.

Kemudian bagaimana caranya resource/data ini bisa dibagikan melalui internet?

Caranya ialah menggunakan protocol, dimana protocol ini bernama HTTP (Hyper Text Transfer Protocol).

Berikut penjelasan singkat HTTP dari idCloudHost:

Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia. Penggunaannya banyak pada pengambilan sumber daya yang saling terhubung dengan tautan, yang disebut dengan dokumen hiperteks, yang kemudian membentuk World Wide Web pada tahun 1990 oleh fisikawan Inggris, Tim Berners-Lee. Hingga kini, ada dua versi mayor dari protokol HTTP, yakni HTTP/1.0 yang menggunakan koneksi terpisah untuk setiap dokumen, dan HTTP/1.1 yang dapat menggunakan koneksi yang sama untuk melakukan transaksi. Dengan demikian, HTTP/1.1 bisa lebih cepat karena memang tidak usah membuang waktu untuk pembuatan koneksi berulang-ulang.
idCloudHost

Anda mungkuin sudah pernah melihat teks http di web browser anda pada bagian url form. Cara inilah yang merupakan pondasi kokoh yang mengatur bagaimana World Wide Web bekerja dan bagaimana cara mereka berkomunikasi serta melakukan request.

http

Jadi HTTP merupakan salah satu protocol yang membuat standarisasi bagaimana cara komunikasi di internet berjalan, tentu saja ada contoh protocol lain selain http, ia adalah TCP/IP. Tapi pada pembahasan kali ini kita hanya akan membahas HTTP saja dan itupun hanya bagian permukaanya saja, jadi mari kita mulai.

Ketika anda mengunjungi web page sebagai contoh ialah web page ini yaitu https://www.krakenost.com/2020/11/Apa-Itu-Web-Pengertian-Manfaat-Dan-Kegunaanya.html maka secara otomatis kita membuat yang namanya request, sebuah request yang meminta suatu data yang ada pada url tadi.

Lalu apa yang terjadi?

Jujur saja itu adalah proses yang cukup panjang yang terjadi dalam hitungan detik, tapi pada dasarnya request kita akan menuju server yang dipakai oleh website tadi, dalam kasus ini ini ialah server google, karena web ini belum memiliki server pribadi untuk saat ini. Ok jadi setelah request tadi sampai di server maka server akan memberikan data yang diinginkan oleh user dan mengirimkanya dalam code HTML/CSS/Javascript yang nantinya akan diolah Web Browser agar menjadi suatu halaman web yang cantik, perlu diingat hal ini juga berlaku untuk data image dan lain-lain hanya saja dalam bentuk bit.

Disini saya mengatakan Server, tapi pada dasarnya mengacu pada Web Server, karena ada beberapa jenis server yang ada, kita ambil saja contoh Game Server dimana dengan adanya game server kita bisa bermain secara online dengan player lain.

Pada web server kita bisa melakukan yang namanya pembatasan pada setiap user, jadi misalkan user ingin mengakses suatu data pada server, maka kita bisa memberikan permission atau izin berdasarkan kriteria user itu sendiri, semisal apakah dia sudah login, kemudian apakah user ini adalah pemilik dari data yang sedang dia minta dan lain sebagainya. Semua hal yang berkaitan dengan sistem web yang mencakup sharing melalui internet, semua itu diatur oleh HTTP.

Pada tutorial Web Development nanti kita akan membahas http lebih dalam, seperti merequest sebuah data kemudian bagaimana cara server menanggapi request, tetapi untuk sekarang hal yang perlu anda ketahui ialah bahwa mereka ini ada.

Sebagai contoh salah satu pekerjaan web server yang sangat ketara atau bisa anda lihat secara langsung ialah ketika kita merequest suatu data ke server akan tetapi server tidak mengetahui data apa yang diinginkan user, maka server akan memberikan response ke user bahwa data yang dicari tidak ditemukan, untuk lebih jelasnya silahkan lihat contoh gambar di bawah ini.

http example

Lalu hal lain yang mungkin pernah kamu dengar adalah client, dan client pada dasarnya adalah suatu perangkat yang meminta request ke server, jadi pada kasus ini komputer saya dan anda adalah client yang merequest ke google server.

Pada dasarnya semua hal yang terjadi pada web browser dinamakan client side, dan semua hal yang terjadi pada sisi server ialah server side.

Related Posts
Krakenost
Never Stop Dreaming

Related Posts

Post a Comment