j5XpcW8LPSTMXB3E43AmnBvL2r59s0Bn3s1rqebM

3 Metode Untuk Membuat Media Instalasi Windows 10

Cara Membuat Instalasi Media Windows 10 - Sudahkah Anda membuat media instalasi Anda sendiri untuk Windows 10? Sebaiknya anda memiliki paling tidak satu instalasi media sehingga jika Anda membutuhkannya nanti anda tidak perlu repot-repot menyiapkanya lagi!

Berikit adalah 3 cara yang bisa anda lakukan.

Entah anda memiliki windows 10 dari proses upgrade khusus maupun membeli licensi, pada akhirnya di beberapa kondisi, anda perlu untuk memulihkan dan mengatur ulang windows 10.

windows 10

Sekarang ada banyak cara untuk menginstal Windows 10. Baca terus untuk panduan komprehensif kami untuk membuat media instalasi Windows 10.

1. Windows Media Creation Tool

Pilihan pertama dan paling jelas untuk membuat media instalasi Windows 10 adalah Windows Media Creation Tool. Aplikasi ini memungkinkan Anda mengunduh Windows 10 versi Home atau Pro, dan Anda dapat memilih dari versi 32-bit atau 64-bit untuk keduanya. Tergantung dari pilihan Anda, Anda dapat memilih untuk menginstal langsung ke drive USB atau mendownload ISO untuk diinstal ke disk di lain waktu.

Unduh Windows Media Creation Tool. Setelah diunduh, jalankan aplikasi dan pilih Create installation media for another PC. Windows 10 akan diunduh dalam aplikasi, kemudian Anda akan diberi pilihan untuk memilih versi, arsitektur sistem, dan versi mana yang ingin Anda sertakan dalam media instalasi Windows 10 Anda.

windows 10 setup

Jika Anda memilih untuk menginstal langsung ke USB atau disk, ikuti petunjuk di layar untuk menyelesaikan instalasi Anda. Jika Anda menginstal Windows 10 dengan cara lain, baca bagian selanjutnya tentang cara membuat media yang dapat di-boot atau istilahnya bootable media instalation.

Download Windows 10 ISO Langsung Dari Microsoft

Anda dapat mengunduh Windows 10 langsung dari Microsoft tanpa Windows update. ISO Windows 10 telah tersedia dari Program Peningkatan Bench Microsoft Tech untuk waktu yang lama, meskipun opsi ini tidak lagi tersedia.

windows 10 from microsoft

Namun, ada metode alternatif untuk mengunduh ISO Windows 10.

  1. Buka halaman ISO Windows 10
  2. Tekan F12 untuk membuka Opsi Pengembang.
  3. Tekan CTRL + Shift + M untuk membuka Toggle device toolbar, yang muncul di atas halaman web. Dari menu drop-down, pilih Responsif, lalu tekan F5 untuk menyegarkan halaman.
  4. Saat halaman dimuat ulang, pilih edisi terbaru Windows 10 dari dropdown, lalu Konfirmasikan unduhan.

Setelah ISO selesai diunduh, silahkan lanjutkan untuk menyimak bagian di bawah ini.

2. Buat Windows 10 Installation Media

Jika Anda mengunduh ISO Windows 10 untuk diinstal nanti, Anda perlu membuat media instalasi Windows 10 yang dapat di-boot menggunakan alat burning ISO. Anda dapat burning ISO Windows 10 ke drive flash USB atau disk. Anda akan menemukan petunjuk untuk kedua opsi ini di bawah.

Windows 10 USB Installation Media

Untuk membuat media instalasi USB, Anda memerlukan alat burning ISO ke USB. Saya menggunakan Rufus untuk tutorial ini, tetapi ada banyak opsi alat burning ISO ke USB lainnya.

rufus windows 10

  1. Unduh dan pasang Rufus.
  2. Pilih Perangkat USB target dari menu dropdown, lalu Pilih ISO Windows 10. Rufus akan memperbarui properti dan opsi burning secara otomatis.
  3. Tekan Mulai untuk burning ISO Windows 10 ke drive USB.

Proses burning akan bervariasi tergantung pada komputer Anda, tetapi biasanya membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit.

Windows 10 Disc Installation Media

Anda tidak harus menggunakan USB untuk membuat media instalasi Anda. Banyak orang lebih menyukai pendekatan disk tradisional, dan ada banyak aplikasi gratis untuk membantu Anda menyelesaikan pekerjaan ini. Untuk contoh ini, saya akan menggunakan ImgBurn.

image burn

  1. Unduh dan pasang ImgBurn.
  2. Sekarang, pilih write file image to disk.
  3. Di jendela berikutnya, pilih ikon Browse for file, yang terlihat seperti folder, lalu telusuri dan pilih ISO Windows 10 Anda.
  4. Atur Destination menggunakan menu dropdown, lalu atur write speed ke MAX.
  5. Jika anda sudah siap, tekan ikon ISO disc untuk memulai proses burning.

3. Instalasi Windows 10 Tanpa Pengawasan

Jika Anda terdesak oleh waktu, atau pergi keluar malam, atau mungkin saja sekadar memiliki tugas lain yang harus diselesaikan saat menginstal Windows 10, Anda dapat mencoba menginstal tanpa pengawasan. Seperti namanya: Anda tidak perlu memberi masukan selama instalasi. Yang diperlukan hanyalah sedikit pengaturan yang sudah anda buat sebelumnya.

Saya akan membuat USB bootable untuk bagian artikel ini.

Pertama, Anda perlu membuat file Autounattend.xml. File ini akan disertakan dalam USB yang dapat di-boot dan akan "menjawab" pertanyaan selama penginstalan Windows 10.

Buat Answer File

Buka Windows Answer File Generator (WAFG). Masukkan produk key Windows 10 Anda atau gunakan kunci produk generik yang disediakan oleh WAFG. Kunci produk generik Windows 10 memungkinkan Anda menyelesaikan pengaturan sebelum memasukkan key unik setelah instalasi.

Produk Generik Windows 10 Pro: VK7JG-NPHTM-C97JM-9MPGT-3V66T

wafg

Sekarang, pilih opsi yang ingin Anda sertakan dalam instalasi tanpa pengawasan Anda. Misalnya, menerima EULA, mengabaikan aktivasi otomatis, melewatkan lisensi kembali, bahasa pengaturan, memasukkan nama komputer Anda, bahasa keyboard dan input, apakah akan menggunakan privasi ekspres dan pengaturan berbagi, dan banyak lagi.

Seting Partisi

Selanjutnya, Anda perlu memasukkan pengaturan partisi Anda untuk instalasi Windows 10 tanpa pengawasan. Penting untuk mendapatkan pengaturan ini dengan benar. Jika Anda menggunakan informasi disk dan partisi yang salah, Anda dapat menghapus data dari drive lain di sistem Anda.

Untuk memulai, putuskan apakah Anda melakukan instalasi bersih atau upgrade sistem Anda. Jika Anda memilih penginstalan bersih/clean instal, ubah opsi Wipe Disk ke Ya. Pilih nomor/nilai disk yang akan diinstal. Jika Anda tidak yakin dengan nomor disk, ketik disc management di bilah pencarian Start Menu Anda dan pilih yang paling cocok. Catat nomor disk dan nomor partisi tempat Anda menginstal Windows. Gunakan gambar berikut sebagai referensi:

seting partisi

Saya akan menginstal ke disk 0. Pilih Ya untuk Partisi Utama Aktif. Pastikan Format Partisi Utama Anda adalah NTFS. Tetapkan nama untuk Label Partisi Utama Anda. Pastikan Surat Partisi Utama Anda sesuai dengan Urutan Partisi, misal Partisi C saya: sama dengan urutan partisi nomor dua.

nama partisi

Terakhir, masukkan informasi Akun Pengguna Anda, termasuk Nama Pengguna, apakah Anda ingin UAC diaktifkan, dan apakah Anda ingin akun Anda masuk Otomatis.

Download Dan Copy Answer File

Gulir ke bawah ke kotak konsol. Unduh file Autounattend.xml Anda menggunakan Unduh File yang terletak di bawah kotak.

Untuk menyelesaikan media instalasi Windows 10 tanpa pengawasan Anda, ikuti bagian Membuat Media Instalasi Windows 10 yang dibahas sebelumnya di artikel ini. Ketika Anda selesai burning instalasi Windows 10 ke flash drive atau disk USB Anda, Anda harus menyalin file Autounattend.xml ke direktori root, di samping file instalasi.

Lain kali Anda perlu menginstal Windows 10, seluruh proses akan berjalan otomatis, membuat Anda bebas melakukan apapun tanpa khawatir.

Cara Mudah Menginstal Windows 10

Anda sekarang tahu tiga metode utama untuk membuat media instalasi Windows 10. Anda dapat menggunakan salah satu metode berikut untuk instalasi bersih Windows 10. Sebelum memulai instalasi bersih, pastikan untuk mencadangkan file penting ke lokasi yang aman — bukan drive yang sama yang akan Anda gunakan untuk menginstal!

Related Posts
Krakenost
Never Stop Dreaming

Related Posts

Post a Comment