j5XpcW8LPSTMXB3E43AmnBvL2r59s0Bn3s1rqebM

Tutorial Belajar HTML 1: Pengenalan HTML

Apa Itu HTML - Mari kita rekap ulang informasi yang kita dapatkan mengenai HTML pada artikel-artikel sebelumnya, seperti yang kita tahu, HTML merupakan struktur pada halaman website yang menjadi pondasi dasar.

Perlu diingat Tutorial HTML Bahasa Indonesia ini adalah bagian dari tutorial Web Developmetn Course, jadi silahkan kunjungi tautan berikut untuk mendapatkan pembelajaran penuhnya! Web Development Course.
Krakenost
pengenalan html

HTML adalah bahasa Markup yang mana disebut sebagai Hypertext Markup Language.

Kenapa HTML bisa disebut Bahasa Markup?

Seperti yang tertera pada namanya "Mark" yang berarti 'tanda'.

Prinsip kerja HTML ialah menandai bagian-bagian text tertentu agar menghasilkan output yang diharapkan.

Jika masih belum jelas mari kita beri perumpamaan, semisal kita mau kata "Belajar HTML" memiliki cetak miring seperti ini Belajar HTML.

Maka untuk melakukanya kita bisa menggunakan html tag, dimana fungsi dari tag ini bisa anda simak penjelasanya di bagian bawah nanti.

Perlu di ingat bahwa HTML bukanlah bahasa pemrograman lengkap atau apa yang kebanyakan orang anggap sebagai bahasa pemrograman, di mana kita menerapkan logika kompleks didalamnya, hal ini karena HTML tidak memiliki hal seperti itu.

Html hanyalah melakukan markup pada suatu dokumen agar memiliki struktur yang rapi dan terorganisir.

Saya tekankan lagi html adalah bahasa atau sintaks yang digunakan untuk menandai dokumen, halaman web.

Jadi jika Anda memikirkan sesuatu seperti makalah penelitian ilmiah, yang sebenarnya merupakan asal mula HTML pada tahun 1989 1990, HTML dibuat untuk membantu menggambarkan struktur makalah penelitian akademis untuk kemudian bisa di bagikan di Internet.

Bagi Anda yang belum pernah melihat banyak makalah penelitian, mereka memiliki beberapa format khusus di mana didalam makalah tersebut memiliki hal-hal seperti teks tebal dan daftar bernomor dan daftar berpoin.

Dalam hal ini ada juga sejumlah teks yang memiliki tautan antar halaman yang berbeda atau bisa kita sebut sebagai link.

Ada juga beberapa penulisan teks miring, kemudian ada juga beberapa paragraf teks yang dipisahkan dengan beberapa spasi kebawah untuk memberikan jarak antara paragraf pertama dan kedua.

Nah untuk bisa mencapai hal seperti ini maka kita membutuhkan html untuk melakukanya.

Agar lebih jelas silahkan lihat gambar karya ilmiah atau makalah dibawah!

contoh teks html

(Gambar diatas adalah contoh pengaplikasian html)

Jika kita menghapus semua markup yang ada secara keseluruhan, maka yang akan tampil dilayar hanyalah konten teks yang tidak memiliki struktur seperti yang kalian lihat dibawah.

teks tanpa struktur html

Dan tujuan HTML adalah membuat atau menambahkan sebuah struktur ke dalam konten teks seperti ini menjadi sebuah konten yang terstruktur seperti makalah ilmiah, sehingga kita bisa membacanya dengan mudah.

Jadi pada dasarnya konten tanpa HTML hanyalah Text biasa tidak lebih.

Dan HTML digunakan untuk menandai beberapa poin penting pada teks tersebut atau memberikan struktur.

Sehingga bisa dikatakan fungsi HTML di web browser ialah untuk memberi tahu browser bahwa ini loh teks yang harus kamu kasih garis miring, atau dicetak tebal dll.

Coba anda ingat lagi tentang diskusi kita sebelumnya seputar HTTP request, ketika kita memuat halaman web atau ketika browser kita memuat halaman Web, si browser ini mendapat respon dari server yang menyertakan HTML begitu juga JavaScript didalamnya.

Dan jika anda mau tahu, isi respon tersebut pada dasarnya hanyalah kumpulan teks yang sudah terstruktur dan siap di tampilkan oleh browser di layar.

Jika anda mau melihat contoh kumpulan kode tersebut, silahkan klik kanan pada halaman ini kemudian pilih "Lihat sumber halaman" Shortcut Ctrl+U.

sumber halaman html

Kemudian agar web browser tahu yang mana teks yang harus dicetak tebal dan yang mana yang harus dicetak miring, maka inilah waktu dimana HTML beraksi, html memiliki aturan strukturnya sendiri untuk memberi tanda pada teks-teks yang harus dicetak tebal dan lain sebagainya.

Aturan tersebut ditulis dalam sintaks yang sudah diatur.

Coba lihat contoh berikut:

<p>Aku adalah paragraf</p>

Pada contoh diatas, anda akan melihat tanda <p> dan </p>, ini dinamakan tag, dan ada dua jenis tag yaitu tag pembuka dan tag penutup, tag pembuka adalah yang ini <p> dan tag penutup adalah yang ini </p>.

Kenapa ada tag pembuka dan tag penutup?

Hal ini untuk menentukan teks mana saja yang mau kita tandai, semisal dalam kasus diatas tag <p> berarti paragraf, jadi semua teks yang ada di dalam tag pembuka dan penutup akan dijadikan satu paragraf utuh.

Di tutorial yang akan datang, kita akan membahas tag lebih dalam, untuk saat ini anda hanya perlu tahu bahwa tag itu digunakan untuk melakukan penandaan pada teks.

Ok setelah kita tahu cukup jauh kegunaan serta fungsi dari html, mari kita cari tahu sejarah singkatnya.

Berikut adalah sejarah singkat HTML yang saya kutip dari wikipedia.

Pada tahun 1980 seorang ahli fisika, Tim Berners-Lee, dan juga seorang kontraktor di CERN (Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir) mengusulkan dan menyusun ENQUIRE, sebuah sistem untuk ilmuwan CERN dalam membagi dokumen. Sembilan tahun kemudian, Berners-Lee mengusulkan adanya sistem markah berbasis internet. Berners-Lee menspesifikasikan HTML dan menulis jaringan beserta perangkat lunaknya di akhir 1990. Pada tahun yang sama, Berners-Lee dan Robert Cailliau, insinyur sistem data CERN berkolaborasi dalam sebuah permintaan untuk pendanaan, namun tidak diterima secara resmi oleh CERN. Di catatan pribadinya sejak 1990 dia mendaftar "beberapa dari banyak daerah yang menggunakan hypertext" dan pertama-tama menempatkan sebuah ensiklopedia.
Wikipedia

Untuk penjelasan  lebih lanjut, silahkan kunjungi wikipedia melalui link ini Sejarah HTML, disana juga ada informasi seputar versi HTML yang tersedia dari masa ke masa.

Perlu diingat bahwa, tutorial HTML Dasar ini adalah bagian dari tutorial web development, jadi alangkah baiknya anda belajar langkah demi langkah sesuai dengan struktur tutorial yang ada di halaman Web Development Course.

Untuk mengikuti tutorial pembelajaran yang ada disini, anda harus terlebih dahulu menginstall Chrome atau web browser lain dan juga text editor yaitu Visual Studio Code, silahkan kunjungi tautan berikut untuk melihat tutorial instalasinya, Instalasi Tool.

Related Posts
Krakenost
Never Stop Dreaming

Related Posts

Post a Comment